Kamis, 14 Agustus 2008

Resep Diet Sehat

Penyebab utama terjadinya timbunan lemak dalam tubuh adalah jumlah karbohidrat yang tidak terpakai dalam metabolisme. Sumber dari karbohidrat itu sendiri adalah berasal dari nasi, gandum, umbi-umbian, etc.

Sebenarnya, kebutuhan porsi nasi untuk orang-orang yang profesinya bukan kuli pelabuhan adalah maksimum 100 gram untuk sekali makan. lebih dari itu maka karbohidrat yang tidak terpakai dalam sistem metabolisme tubuh akan mengendap menjadi cadangan lemak.

Kalau mau mengurangi berat badan maka harus mengurangi karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengurangi porsi nasi yang biasa dimakan. hal ini dapat dilakukan secara bertahap, karena sebenernya prinsip diet adalah bagaimana seseorang dapat membiasakan sistem dalam tubuhnya dengan kebiasaan yang baru. Hal ini harus dilakukan secara bertahap sampai tubuh terbiasa dengan sistem yang baru. Ketika tubuh kekurangan karbohidrat dalam metabolismenya, maka cadangan lemak akan digunakan untuk sistem metabolisme. Dengan demikian lemak akan semakin berkurang.

Ada tips untuk diet ini:
  1. Untuk dua minggu pertama kurangi porsi nasi sebanyak 1/4 dari porsi biasanya. Lakukan setiap makan. Dua minggu berikutnya kurangi lagi 1/4 dan begitu seterusnya hingga berlangsung selama dua bulan.
  2. Porsi lauk pauk, sayuran dan lainnya secukupnya saja.
  3. Setelah dua bulan, bagi yang ingin menghilangkan nasi sama sekali itu boleh saja, tapi bagi yang tetap akan mengkonsumsi nasi maka makan nasi dengan porsi yang paling terakhir (porsi yang paling sedikit).
  4. Berikut ini ada contoh menu makan sehari-hari yang direkomendasikan oleh dokter: untuk sarapan SUSU KEDELAI dan 2 pieces ROTI GANDUM; makan siang IKAN MAS 1 EKOR+SAYUR+TAHU+TEMPE; makan malam menunya bisa disamakan dengan makan siang. Contoh menu tersebut adalah untuk orang yang benar2 tidak mengkonsumsi nasi.
  5. Untuk orang-orang yang akan tetap mengkonsumsi nasi silakan menyesuaikan menu tersebut.
  6. Yang paling penting untuk diingat adalah: JANGAN NGEMIL.
  7. Kalau ditambah olahraga, hasil akan lebih maksimal.
Dengan diet ini insya Allah tidak akan menyebabkan sakit maag.

NB:
untuk masa awal, biasanya efek dari pengurangan nasi adalah seseorang akan merasakan pusing layaknya orang yg laper. tapi sebisa mungkin acuhkan perasaan itu karena setelah dua bulan tubuh akan mulai bisa beradaptasi dengan sistem yang baru.


Kalau diet ini dilakukan dengan disiplin, dalam dua bulan bisa menurunkan berat badan +/- 4kg

Okay. Selamat mencoba.

3 komentar:

Kyrule mengatakan...

ellooo t.ratna...pa khabar..ni first comment dari aku ya...happy2 selalu ya...=)

adnan mengatakan...

Thanks atas resepnya, semoga bermanfaat bagi setiap pembacanya.

Ratna Gusliana mengatakan...

Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.