Minggu, 24 Agustus 2008

Yuk Menghafal Al Quran

Banyak hadits Rasulullah SAW yang mendorong untuk menghapal Al Quran, atau membacanya di luar kepala, sehingga hati seorang individu Muslim tidak kosong dari sesuatu bagian dari kitab Allah SWT. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara marfu`: “Orang yang tidak mempunyai hapalan Al Quran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh “. [HR. At Tirmizi]

Pasti semua umat muslim udah tau bahwa alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad saw. Lalu, kenapa sich kita mesti repot-repot menghafal alquran? Mungkin pertanyaan itu pernah terbersit dalam hati kita. Untuk bisa menjawab pertanyaan itu kita harus tau apa sebenernya keutamaan seorang penghafal alquran.

Ada yang tau ga, berapa siy ganjaran seseorang membaca satu ayat dari alquran? Dari Abdullah bin Mas`ud berkata, Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.” H.R. At Tirmidzi dan berkata : “Hadits hasan shahih”. Betapa besarnya ganjaran bagi orang-orang yang selalu berinteraksi dengan alquran.

Kegiatan menghafal alquran dapat merangsang otak kita untuk membuka kembali memori. Karena sebenernya kita memiliki kapasitas memori yang cukup besar tapi masih digunakan sedikit alias belum maksimal. Dengan menghafal alquran maka senantiasa membiasakan seseorang untuk berpikir positif mengenai kehidupan. Tentu aja efek ini akan berimbas pada apa yang dia lakukan dalam kehidupannya. Orang yang selalu berpikir positif akan mengeluarkan energi positif ke lingkungan dan bisa membuat dirinya semakin kreatif.

Apalagi siy keutamaan menghafal alquran...
Ketika seseorang meninggal saat dia bertemu Allah, dia sudah mempunyai bekal. Dari Abi Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Penghapal Al Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Quran akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu dipakaikan jubah karamah. Kemudian Al Quran memohon lagi: Wahai Tuhanku, ridhailah dia, maka Allah SWT meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah SWT menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan ni`mat dan kebaikan “. [HR. At Tirmizi]

Eittss, masih ada lagi lho keutamaan yang lain...
Seorang anak penghafal alquran akan memancarkan cahaya kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dari Buraidah ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca Al Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari Kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan didunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini: dijawab: “karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Quran” [HR. Al Hakim]. Jadi, sungguh sangat beruntung orang tua yang memiliki anak seorang penghafal alquran, karena hal itu akan menjadi amal jariyah yang akan diperhitungkan di hari kiamat nanti.

So, setelah mengetahui kebaikan yang akan diperoleh seorang penghafal alquran, apakah kita mau untuk memulai menghafal? Kegiatan ini bisa menambah amalan baik kita selama Ramadhan yang sebentar lagi akan datang. Ini akan menyeimbangkan kegiatan yang selama ini kita lakukan untuk dunia dengan amalan-amalan yang kita lakukan untuk mengejar akhirat.

Tidak perlu langsung banyak ayat yang dihafal. Kita memulai dengan sedikit ayat, mulai dari surat yang pendek. Semakin lama kita menghafal, semakin banyak ayat alquran yang bisa kita hafalkan.

Yakinlah dengan semakin banyak muslim yang menghafal alquran kemudian mengamalkannya maka umat lain akan melihat bahwa umat Islam adalah umat yang maju dengan Alquran.

Sumber:
http://prasetyowidi.wordpress.com/2008/07/19/keutamaan-membaca-alquran/
http://dkmfahutan.wordpress.com/2007/07/30/keutamaan-menghapal-al-quran/

Tidak ada komentar: